Senin, 30 Maret 2020

MASYARAKAT INFORMASI


Masyarakat informasi 
Manusia memasuki tahapan baru dari masyarakat yang disebut masyarakat informasi. Masyarakat informasi (information society) adalah masyarakat yang melakukan kegiatan distribusi, penggunaan, dan manipulasi informasi dalam aktivitas EkonomiPolitik, dan Budaya secara signifikan. Tujuannya untuk mendapatkan keuntungan kompetitif secara internasional melalui penggunaan Teknologi Informasi dengan cara kreatif dan produktif. Pengetahuan ekonomi adalah mitra dimana kekayaan diciptakan melalui eksploitasi pemahaman tentang Ekonomi. Orang-orang yang memiliki sarana dalam masyarakat tersebut disebut sebagai warga Digital[1]
Pengertian Masyarakat Informasi
Istilah masyarakat informasi sering dipakai untuk mendiskripsikan sebuah masyarakat dan sebuah ekonomi yang menggunakan sarana teknologi informasi dengan intensitas tinggi dalam kehidupan sehari-hari. Masyarakat tersebut menggunakan teknologi yang sama atau kompatebel untuk berbagai kegiatan pribadi, sosial, pendidikan, bisnis, bahkan untuk mengisi waktu luang. Teknologi tersebut mempunyai kemampuan untuk mengirim, menerima, dan pertukaran data digital dengan cepat antara tempat-tempat terlepas dari jarak. Di bidang Bisnis, sebagian besar transaksi keuangan seperti yang dilakukan perbankan telah menggunakan teknologi informasi, seperti layanan bank internet [e-banking], mobile banking, dan lainnya. Manusia modern tak bisa lepas dari teknologi informasi dalam melakukan aktivitas sehari-hari, yang dilakukan melalui mailing listemail, serta berinteraksi dengan komunitas dunia maya. Jadi bisa dikatakan bahwa pengolahan informasi adalah inti dari kegiatan manusia modern dengan menggunakan teknologi baru. Hal ini memiliki implikasi pada segala aspek kehidupan masyarakat dan mengubah cara manusia modern dalam melakukan berbagai aktivitas di bidang EkonomiPendidikanKesehatan, bahkan dalam memanfaatkan waktu luang untuk mengkonsumsi dan memproduksi informasi.http://impact-of-ict-on-society.wikispaces.com/
Ciri-Ciri Masyarakat Informasi
Kebutuhan akan informasi sangat tinggi dalam kehidupan masyarakat, baik untuk berinteraksi antar manusia maupun untuk menunjang kegiatan kerja, kegiatan Sosial, pengajaran, serta aktivitas lainnya[2].
1.   Masyarakat informasi bergantung pada inovasi Teknologi yang terus berkembang.
2.   Spatial, masyarakat informasi terhubung dengan lokasi yang mempunyai efek pada pengorganisasian waktu dan ruang[3].
3.   Occupational, perubahan yang terjadi dalam masyarakat informasi menyebabkan perubahan dalam ketersediaan dan kebutuhan tenaga kerja di bidang informasi.
4.   Masyarakat informasi mengalami perubahan siklus Budaya dalam kehidupan sehari-hari karena ketersediaan informasi dari berbagai saluran Media, termasuk Media sosial.
Tren Perkembangan Masyarakat
Peradaban manusia terus berkembang seiring perkembangan zaman dan perkembangan Media, serta teknologi. Terkadang seperti radikal karena lompatan teknologi yang demikian pesat. Ada empat tahapan dalam peradaban manusia.
1.   Masyarakat Pre-Agraris: Masyarakat yang hidup dalam sebuah kelompok kecil yang mata pencahariannya dengan berburu binatang dan Bercocok tanam. Budaya mereka tergantung pada kata-kata untuk mengirimkan ide-ide di antara mereka sendiri dan antar generasi. Tokoh-tokoh masyarakat, Dukun dan pendongeng menjadi penyebar informasi, bahkan karya-karya mereka masih dikenal hingga saat ini dalam cerita rakyat, seperti Odyssy, Homer Illiad, dan sebagainya.
2.   Masyarakat Agraris: masyarakat yang mengandalkan sumber alam untuk kehidupan. Umumnya mereka dalam bekerja tidak membutuhkan keterampilan (skill). Secara teknologi, peralatan yang dipakai untuk berkerja umumnya masih manual. Sektor produksi dalam masyarakat agraris seperti bidang pertanian, pertambangan, perikanan, dan peternakan
3.   Masyarakat Industri: Masyarakat industri dimulai di Inggris pada abad ke-18 yang ditandai oleh perubahan sangat cepat dalam teknologi dan pembuatan barang-barang setelah diketemukan Mesin uap yang dampaknya telah mengubah proses dan cara kerja manusia. Dalam masyarakat industri, modal menjadi kekuatan utama. Untuk menunjang pekerjaan, dibutuhkan skill khusus, seperti ahli Mesin dan lain-lain. Model produksi di bidang ekonomi seperti Produksi, distribusi barang, konstruksi berat, dan sebagainya.
4.   Masyarakat Informasi: Dalam masyarakat informasi, sumber daya yang diolah adalah Informasi, yakni berupa transmisi data dan komputer. Sumber daya yang dibutuhkan dalam era ini adalah pengetahuan sehingga membutuhkan sumber daya manusia yang berketerampilan tinggi, yakni kaum Profesional. Masyarakat informasi membutuhkan teknologi cerdas dengan menerapkan Ilmu pengetahuan dan Teknologi. Model produksi di bidang ekonomi pada era ini seperti, TransportasiPerdaganganAsuransiRealestateKesehatanPendidikanRisetPemerintahan, dan lain sebagainya.[4].
Masyarakat informasi juga sering diaggap sebagai penerus masyarakat industri atau disebut masyarakat pascaindustri, masyarakat pengetahuan, masyarakat Telematika, masyarakat jaringan. Penanda dari era ini adalah adanya perubahan yang sangat cepat baik di bidang teknologi, informasi, ekonomi, budaya, dan sebagainya.
Perkembangan Masyarakat Informasi
Perkembangan teknologi informasi menyebabkan ketergantungan manusia terhadap teknologi informasi semakin tinggi. Masyarakat menjadi Konsumen informasi dan juga memproduksi informasi. Seluruh masyarakat dunia menghabiskan rata-rata sekitar separuh waktu hidupnya untuk berhubungan dengan teknologi informasi, baik melalui upload video di youtube, menulis dan merespons status di media sosial seperti facebook dan tweeter, menulis dan menjawab email, dan sebagainya. Maka sekarang ini manusia bekerja dan bermain dalam lingkup masyarakat informasi. Teknologi informasi terus berkembang setiap generasi. Media konvensional dikombinasikan dengan Media baru telah mengubah pola konsumsi media dan kehidupan masyarakat. Hampir setiap orang menggunakan telepon seluler dan email untuk menunjang berbagai aktivitas yang dilakukannya sehari-hari. Media konvensional telah masuk ke Media baru yakni media digital dan jaringan Telekomunikasi yang menawarkan gaya hidup baru, menciptakan pekerjaan baru, dan isu-isu sosial yang baru.
Masyarakat Jejaring Sosial
Sosiolog dari University of Toronto, Wellman, berpendapat bahwa Masyarakat pada skala apapun yang terbaik dilihat sebagai jaringan dibanding kelompok yang dibatasi dalam struktur herarki[5]. Hal itulah yang menyebabkan pengguna jejaring sosial berkembang pesat karena tidak ada batasan hierarki dalam berkomunikasi. Masyarakat jejaring sosial (social network society) tumbuh karena kebutuhan untuk mengekspresikan ide-ide dan pemikiran manusia berkaitan dengan situasi PolitikEkonomiSosial, dan Budaya yang disebabkan oleh penyebaran jaringan, dan teknologi Digital. Jaringan sosial muncul akibat pengaruh modernisasi, Kapitalisme industri, dan kebutuhan manusia untuk melakukan berbagai aktivitasnya secara cepat tanpa batasan ruang dan waktu.
Media Baru
Perkembangan Teknologi informasi dengan munculnya Internet mempunyai dampak signifikan pada perubahan cara berkomunikasi dalam masyarakat. Munculnya beragam gadget dengan berbagai vitur telah mengubah gaya hidup manusia dalam bersosialisasi dengan memanfaatkan perangkat teknologi informasi yang ada. Seiring dengan itu, media informasi juga berkembang pesat dengan hadirnya media baru, seperti media sosial, televisi digital, cyberspace, dan sebagainya. Saat ini telah terjadi transformasi dari masyarakat industri ke masyarakat informasi. Daniel Bell (1973) berpendapat bahwa pengetahuan dan Informasi akan menjadi kunci sukses ekonomi dan pembangunan sosial. Munculnya media baru menciptakan banyak penulis yang lebih suka menuangkan opininya di masyarakat jejaring sosial (network society).[6].
·         Fenomena media baru telah mengubah budaya Masyarakat yang tercermin pada:
1.   Terus bertambahnya pengguna Media sosial sebagai sarana untuk berinteraksi dan juga menjajakan barang dan jasa. Indonesia tercatat menjadi salah satu Negara yang perkembangan pengguna media sosialnya sangat tinggi. Data Kementerian Komunikasi dan Informatika tahun 2014 menyebutkan pengguna internet di Indonesia mencapai 82 juta orang. Dari angka tersebut, 95 persen menggunakan internet untuk mengakses jejaring sosial. Indonesia menempati peringkat ke-empat pengguna facebook terbesar setelah Amerika Serikat, Brazil dan India Pengguna Internet.
2.   Berbagai situs Web berlomba menyajikan informasi tercepat.
3.   Pergerakan Politik memanfaatkan Media sosial untuk kampanye karena dianggap cukup efektif untuk menyampaikan visi dan misi para kandidat.
Media Sosial
Media sosial didifinisikan sebagai sebuah kelompok Aplikasi berbasis Internet dengan menggunakan teknologi Web 2.0 yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user generated content[7]. Beberapa contoh media sosial yang dipakai oleh masyarakat informasi untuk berkomunikasi antara lain, bloggerfriendster,linkedln,my space,facebook,twitter,wiser, dan google+. Perkembangan pengguna media sosial sangat cepat, termasuk di Indonesia, karena melalui Media sosial manusia bisa saling membagi ide, bekerjasama, dan berkolaborasi untuk menciptakan kreasi, berfikir, berdebat, dan menemukan teman baru atau teman lama yang sudah lama tidak berjumpa. Bahkan, melalui media sosial, banyak juga yang menemukan pasangan hidup. Keinginan manusia untuk mengaktualisasikan diri dan kebutuhan untuk menciptakan personal branding membuat media sosial berkembang sangat pesat. Banyak Perusahaan membangun wadah sendiri untuk membangun Komunikasi di antara karyawannya. Sementara itu, manusia secara pribadi menggunakan Jejaring sosial untuk membuat halaman pribadi yang kemudian terhubung dengan pengguna jejaring sosial lainnya untuk berkomunikasi dan berbagi informasi. Teknologi internet dan Telepon seluler yang terus berkembang memudahkan orang-orang untuk berkomunikasi dengan melakukan update status di media sosial. Terjadinya fenomena besar terhadap arus informasi menyebabkan Media sosial berkembang sangat pesat dan secara bertahap menggantikan media konvensional dalam memberikan Informasi.
Media Interaktif
Media baru merupakan konsep dan metode baru dalam berkomunikasi di dunia digital yang memungkinkan kelompok-kelompok Masyarakat untuk berkumpul secara online dan berbagi, menjual barang, bertukar informasi. Karakteristik struktural paling penting dari Media baru adalah:
1.   Integrasi teknologi telekomunikasi.
2.   Revolusi komunikasi yakni dengan memunculkan media interaktif. Interaktivitas adalah urutan aksi dan reaksi melalui link download, atau berinteraksi melalui situs web yang dipakai sebagai sarana masyarakat untuk berinteraksi.
3.   Teknis karakteristik media baru adalah kode digital[8]
Warung Masyarakat Informasi
Kementerian Komunikasi dan informatika mendirikan Warung Masyarakat Informasi (Wamasif)untuk mengatasi kesenjangan dalam mengakses Informasi di Masyarakat. Wamasif merupakan salah satu bentuk pengembangan implementasi dari akses Komunikasi dimana masyarakat yang berada di suatu wilayah dapat berkomunikasi dan mengakses informasi secara global, serta melakukan pemasaran dan penjualan melalui internet Warung Masyarakat Informasi.
Optimalisasi Wamasif dilakukan untuk mewujudkan masyarakat informasi Indonesia yang ditargetkan tercapai pada tahun 2015. Selain untuk mengatasi kesenjangan dalam mengakses informasi, Wamasif bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan masyarakat sehingga berdampak pada peningkatan perekonomian Indonesia. Sosialisasi Wamasif dilakukan dengan pendekatan Komunitas, misalnya kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), dunia Pendidikan, dan Pelayanan publik. Konten dari Wamamsif antara lain meliputi informasi tentang UMKM, informasi kesehatan,dan aplikasi Perpustakaan digital.Sejumlah Wamasif telah dilengkapi dengan akses Buku sekolah elektronik.
Efek Media Sosial
Pada era internet, masyarakat modern sangat akrab dengan media sosial. Tom Sheffield, seorang ilmuwan kognitif dari Universitas Sheffield, Inggris mengatakan bahwa manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial. Akibatnya, orang-orang menikmati Informasi sosial yang tersedia melalui webemail, dan Media sosial. Ada dua alasan mengapa efek media sosial sangat adiktif .
1.   Seperti halnya slot mesin undian, sebagian besar adalah sampah. Namun mempunyai efek adiktif karena manusia begitu tertarik dan terus ingin memainkannya karena berharap mendapat jackpot Internet bikin kecanduan.Membaca email atau aktivitas berselancar di internet juga mengaktifkan respons flight-or-flightWeb juga sering memiliki isi (content) penting yang memerlukan tindakan atau respons cepat, misalnya tugas kantor.
2.   Media sosial sangat adiktif karena tidak adanya batas-batas di dalamnya sehingga setiap manusia bebas menuangkan ide-ide. Mungkin semula orang tersebut hanya ingin melakukan pencarian di Wikipidia, tetapi kemudian membuka situs-situs lainnya.
Dampak Positif
Menghimpun Keluarga dan teman. Keluarga, famili, dan saudara, yang tersebar di berbagai lokasi dapat saling berkomunikasi dan berinteraksi melalui media sosial.
1.   Sebagai media penyebar informasi: Informasi yang terbaru dan up to date dengan sangat mudah tersebar melalui situs Jejaring sosial.
2.   Memperluas jalinan pertemanan. Dengan menggunakan jejaring sosial, pengguna bisa berkomunikasi dengan siapa saja, bahkan dengan orang-orang yang belum dikenal dari berbagai penjuru dunia. Selain itu, media sosial juga dipakai sebagai sarana berkomunikasi teman-teman lama untuk reuni.
3.   Sebagai media promosi dalam Bisnis. Banyak pengguna menjajakan barang dagangannya melalui Media sosial sehingga memunculkan pengusaha kecil.
4.   Media pertukaran data. Dengan menggunakan jejaring situ-situs web, para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat.
Dampak Negatif
Tindak kejahatan: Banyak orang menggunakan Media sosial sebagai alat untuk melakukan tindak kejahatan. Kejahatan dunia maya (cybercrime), di antaranya carding, hacking, cracking, phising, dan spamming.
1.   Pornografi: Media sosial sering dipakai untuk menyebarkan pornografi dan Kekerasan.
2.   Mengurangi Produktivitas: sifat adiktif dari efek media sosial membuat orang enggan bekerja, anak-anak malas belajar sehingga kurang produktif.
3.   Mengurangi Privasi: Kebebasan dalam menuangkan ide di media sosial menyebabkan banyak persoalan pribadi di bawa ke ranah dunia maya dan menjadi konsumsi Publik.
REFERENSI
1.    ^ Beniger,James, R (1986):The Control Revolution: Technological and Origins of The Information Society, Cambridge, Mass: Harvard University
2.    ^ Manuel Castells (2000) The Rise of the Network Society. The Information Age: Economy, Society and Culture. Volume 1. Malden: Blackwell. Second Edition.
3.    ^ Webster, Frank (2002), Theories of the Information Society, Cambridge, Routledge
4.    ^ Straubhaar, J., LaRose, R. & Davenport R., (2011). Media Now: Understanding Media, Culture, and Technology, 2011 Update Seventh Edition. Thomson-Wadsworth
5.    ^ Wellman,Barry:"Phisical Place and Cyber Place", "International Journal of Urban and Regional Research", 2011
6.    ^ Daniel Bell (1976) The Coming of Post-Industrial Society. New York: Basic Books, 127, 348
7.    ^ Kaplan Andreas M.Michael Haenlein (2010):"User of the World Unite: The Challanges and Opportunities of Social Media,"Business Horizon"
8.    ^ Castells, Manuel and Cardoso, Gustavo,eds "The Network Society", Great Britain by MPG Book, Bodwin, Cornwell,2004
from :wikipedia

Setelah mempelajari materi di atas, silahkan kerjakan soal soal berikut ini:
1. Apa saja manfaat dari media sosial sebagai alat untuk memajukan dan mengembangkan suatu bangsa ?
2. Menurut anda baagaimana strategi atau cara yang tepat memanfaatkan media sosial untuk membantu mengatasi masalah yang sedang mendunia saat ini, yaitu wabah COVID-19? 


75 komentar:

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Unknown mengatakan...

Aminatul Mukarromah cantik ♥ XI MIA

1. a) dapat menjadi wadah / alat pembentukan kelompok atas minat/hobi yang sama . Terutama di bidang yang positf
b) Dapat menyebarluaskan hasil dari kelompok" yang telah di berdiri hingga ke banyak penjuru. Bahkan bisa menambah anggotanya
c) Memamerkan SDA yang ada di negara sendiri hingga membuat takjub negara lain.
d) dapat menjadi salah satu sarana untuk mendapat penghargaan di bidang IPTEK yang bisa di akui baik negara sendiri maupun luar

2. -Tidak menyaebar luaskan berita tentabg covid-19 yang dapat menambah keresahan warga
-Menyebarluaskan tata cara PHBS yang baik dan benar
-Menghimbau bahaya tentang covid-19 di segala social media (yt,fb,ig,twitter,dll)
-Menghimbau agar tetap #Dirumahaja :')

šŸ˜‰šŸ˜‰šŸ˜‰

umiqueen mengatakan...

good

M.Farid Fauzi mengatakan...

MUHAMMAD FARID FAUZI XI MIA

1.) a) menjadi sarana pembelajaran siswa/media penganti pembelajaran saat ada wabah covid-19
b)sebagai sarana pengembangan teknlogi bagi suatu negara
c)menjadi sarana jual beli antar bangsa maupun negara
d)menjadikan media sosial sebagai alat untuk mencari informasi
d)Menjadikan sarana untuk mengembangkan IPTEK

2.) •Senantiasa tidak menyebarkan berita HOAX di masyarakat
•Menghimbau masyarakat untuk tetap berada dirumah dan tidak keluar kalau tidak penting dan menjaga kebersihan
•Untuk mengetahui berita terkini tentang COVID-19
•Mengikuti anjuran WHO dan mengikut anjuran dari pemerintah melalui medsos

umiqueen mengatakan...

Siip

Unknown mengatakan...

Anggita berliana aprilia Xl ips 2
•sebagai media pertukaran data, dengan menggunakan jejaring situs web, para pengguna internet diseluruh dunia dapat bertukar iformasi dengan cepat
•Memamerkan SDA indonesia yang indah ini dan bisa membuat negara lain takjub, dan ingin meniru hal tsb
•Menjadikan sarana untuk nengembangkan dan memperbaiki IPTEK
•Dapat menjadi tempat pembentukan kelompok atas profesi/hobby yang sama dan berdampak positif

~Tidak meyebarkan berita HOAX yang dapat membuat kekacauan masyarakat lainnya
~Menggunakan media sosial untuk membuat situs penggalangan dana untuk membantu membasmi virus covid-19
~Membuat saran/status yang bermanfaat seperti(cara mencuci tangan yang baik dan himbauan#dirumahsaja.
~Membuat vlog yang bertema membuat APD dengan cara yang simple dan dapat ditiru dengan mudah, bersih dan higenis, karena APD sekarang sangat langkah dan kurang dan sangat merugikan tenaga medis yang lebih membutuhkan.

Abriyanti Nazwa Sabila mengatakan...

Abriyanti Nazwa Sabila
XI IIS 1
1)a.Sebagai media komunikasi antar kelompok
b.sebagi media pembelajaran teori teori baru
c.sebagai tempat untuk mendapatkan informasi secara cepat
d.sebagai media untuk mempromosikan sebuah produk
e.Bisa sebagai media untuk jual beli sebuah produk

2)a.sebagai media penyalur informasi
b.sebagai media untuk membagikan strategi dalam menghadapi wabah ini
c.sebagai media pengumpulan dana sumbangan
d.sebagai media jual beli alat dan produk guna menghadapi wabah ini
e.sebagai media untuk menghimbau masyarakat mengenai bahaya nya wabah ini

Unknown mengatakan...

NURUL BADRIYAH (XI MIA)


1. a)Sebagai media penyebar informasi: Informasi yang terbaru dan up to date seperti perihal wabah covid-19 yang di haruskan semua tinggal di rumah.
b) sebagai sumber wawasan seputar info jagad maya (viral)
c) Sebagai media promosi dalam dunia Bisnis. seperti penjualan masker kain untuk saat sakit, mengurangi penularan virus. dll
d) Media pertukaran data. Dengan menggunakan jejaring situ-situs web, para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat.

2. -membagikan informasi tentang larangan untuk keluar rumah.
-menginfokan setiap tempat harus di semprot anti septik untuk mengurangi virus
-membagikan video singkat contoh:video olah raga untuk para penghuni rumah² yang harus tetap sehat dan bugar.
-untuk informasi tentang kekebalan tubuh dan menambah imun yaitu mekonsumsi berbagai macam herbal, dan setiap pagi berjemur selama 15mnt

FITRIA NURUL FARIDA mengatakan...

Fitria Nurul Farida XI MIA

1. •Untuk mengetahui tentang perkembangan pasar internasional sehingga suatu bangsa bisa memperbaiki kualitas pasarnya dan dapat bersaing dengan bangsa lain
•Untuk menambah pengetahuan masyarakat suatu bangsa mengenai perkembangan IPTEK sehingga tidak ketinggalan jaman
•Untuk mempermudah akses dalam bidang pendidikan sehingga kualitas pendidikan suatu bangsa menjadi lebih unggul
•Menunjang kegiatan ekspor impor barang dari dan keluar negeri

2. •Sebagai sarana untuk menghimbau masyarakat agar tetap menjaga kesehatan diri agar terhindar dari virus Corona
•Sarana untuk memberikan pemahaman tentang penyebab dan bahaya dari virus Corona sehingga masyarakat tetap menjaga diri
•Sarana untuk memberikan support agar masyarakat tetap waspada dengan tetap berdiam diri di dalam rumah dan tidak menshare hal hal yang dapat membuat masyarakat takut

Unknown mengatakan...

Intan Nura A. 11 Mia

1.
-Sebagai sarana untuk menyebarkan informasi terkait kemajuan teknologi.
-Mememajukan kualitas SDM di suatu negara, dengan membekalinya ilmu pengetahuan teknologi(IPTEK).
-Membantu kegiatan ekspor impor suatu negara.
-Media promosi dunia industri bisnis, sehingga dapat menambah devisa.

2. Menggunakannya sebagai media penyebaran informasi terkait cara pencegahan, bagaimana gejalanya, dan cara penanganan pertama untuk orang diduga terinfeksi virus covid-19.Namun juga patut diwaspadai dengan informasi yang tidak akurat/hoax.

siti arum mufidah mengatakan...

Siti arum mufidah XI MIA
1.a. Sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan dan sosial warga negara,agar bisa bertahan hidup dan berada dalam neraca persaingan di era modern seperti sekarang ini
b. Sosial media juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat bisnis yang cukup laris manis saat ini, karena cakupan pasarnya yang luas, tidak hanya skala nasional namun juga sampai pada skala internasional. Sehingga mampu meningkatkan perekonomian dalam negri
c. pengusaha kecil dapat mempromosikan produk dan jasanya tanpa mengeluarkan banyak biaya.sehingga mampu meningkatkan pendapatan UMKM
d. pelajar bisa mengakses dengan mudah literasi penting mulai dari jurnal, essay ilmiah, surat kabar hingga buku online. Semua itu pun bisa diakses hanya lewat perangkat mobile saja.(mempermudah para anak bangsa dalam memperoleh pendidikan)
e. Menjaga Keamanan Warga Negara, misalnya melalui pemantauan CCTV
f. dengan adanya media sosial kita bisa mengetahui informasi dari luar negri, sehingga bisa digunakan pemerintah untuk megikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dari luar negri, agar Indonesia lebih maju lagi

2.~Tidak menyebarkan berita tentang covid 19 yang belum tentu kebenarannya, yang membuat khawatir masyarakat

~Sebagai penyedia informasi kepada masyarakat tentang virus corona, penyebabnya, cara pencegahan nya, gejala nya, dan semua hal yang berhubungan dengan covid 19

~Untuk mengetahui perkembangan terbaru mengenai virus corona

~Media sosial juga dapat digunakan untuk menghimbau dan mengingatkan masyarakat untuk selalu menjaga diri mereka(menjaga kebersihan)





Zainul mengatakan...

MUHAMMAD ZAINUL MISBAH XI MIA

1.Manfaat sosmed dalam memajukan suatu negara
A.sarana dan prasana untuk mengembangkan tekhnologi dan dibidang pendikan pertukaran pelajar
B.sarana untuk memudahkan kerjasama ekspor dan impor suatu negara
C.menjadikan sosmed sebagai alat pemantauan masyarakat dibidang IT, DLL

2~Tidak sering memposting tentang covid 19 agar tidak menjadikan warga menjadi khawatir
~Untuk mempermudah pemerintah menghimbau masyarakat agar selalu menjaga kebersihan dan menggunakan masker
3~Membantu untuk memberikan suport kepada khalayak umum bisa berupa video cara mencegah covid 19

Jamburi.. mengatakan...

MIFTAHUDIN JAMBURI 11 IIS 1

1.#SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN
TEKNOLOGI BAGI SUATU NEGARA.
#MENJADIKAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI
ALAT UNTUK MENCARI INFORMASI.
#MEMPERMUDAH MANUSIA DALAM MENCARI
LOWONGAN PEKERJAAN.
#SEBAGAI ALAT BAGI MANUSIA UNTUK
BERBISNIS SECARA ONLINE.
#MEMAMERKAN SDA DI NEGARA SENDIRI
SEHINGGA MEMBUAT TAKJUB NEGARALAIN.

2.#TIDAK MENYEBAR LUASKAN BERITA
TENTANG COVID-19 YG BELUM TENTU
KEBENARANNYA.
#UNTUK MEMBERIKAN BERBAGAI TIPS
TENTANG CARA YG BENAR PENCEGAHAN
VIRUS COVID-19
#MENGHIMBAU UNTUK SELALU MEMBIASAKAN
HIDUP BERSIH
#MENGHIMBAU UNTUK HINDARI KERUMUNAN!

ACHMAD NURKI MUSYAFA' mengatakan...

ACHMAD NURKI MUSYAFA' XI MIA
1. Manfaat medsos untuk memajukan negara
a)mempermudah pelajar untuk mengakses pembelajaran atau hal-hal yang berkaitan dengan pelajaran. Hal yersebut dapat membentuk manusia-manusia yang terpelajar,terdidik,dan ber-SDA tinggi
b)membuka banyak peluang bisnis bagi rakyat Indonesia. Sehingga perekonomian di Indonesia dapat berkembang dengan pesat
c)membuka ruang bagi orang-orang yang berpemikiran kreatif dan inovatif untuk menuangkan ide-idenya di medsos. Ide-ide tersebut akan berdampak baik di berbagai bidang.misalnya,di bidang ekonomi,budaya,dll.

2. 1) dengan cara menyuarakan atau menyerukan agar masyarakat menghindari hal-hal yang mempermudah menyebarnya virus COVID-19 ini
2)membuat vlog kreatif yang menarik tentang pencegahan virus COVID-19

Unknown mengatakan...

SULISTIOWATI XI MIA

1. Manfaat medsos untuk memajukan Negara :
● Sebagai media untuk mempromosikan sebuah produk dalam dunia bisnis dengan lebih cepat dan mudah.
● Sebagai dunia informasi,dimana kita akan mengetahui segala informasi baik didalam ataupun diluar Negeri sehingga kita tak akan ketinggalan zaman.
● Sebagai media yang digunakan oleh anak Bangsa dalam dunia pendidikan dengan mudahnya mengakses, sehingga kualitas pendidikan Bangsa tersebut menjadi unggul.
● Dengan medsos kita bisa mengetahui perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dari Negara lain (Negara maju) untuk mengikuti /menirunya agar Negara Indonesia yang lebih baik.


2.Menggunakan media sosial untuk:
● Mencari informasi terkini tentang COVID 19
● Tidak menyebarkanluaskan berita HOAX
● Sebagai media penyedia informasi kepada masyarakat tentang semua hal yang berhubungan dengan COVID 19 seperti penyebabnya,gejalanya,cara mencegahnya,dll.
● Untuk mengingatkan atau menghimbau masyarakat untuk patuh terhadap peraturan pemerintah atas penanganan kasus COVID 19 ini seperti menjauhi kerumunan,menjaga kebersihan,mengurangu aktivitas diluar

ACHMAD NURKI MUSYAFA' mengatakan...

Diana Ainurrohmah 11 MIA

1. a) Media sosial dapat menjadi sarana penyaluran bakat misal cover lagu, membuat resep makanan, mencari berita teknologi terbaru.
b) sarana transaksi pebisnis seperti jual beli online.
c) sarana sumber informasi tentang dunia yang up to date
Kesimpulannya jika masyarakat di suatu bangsa dapat memanfaatkan media sosial dengan baik maka bangsa tersebut mengalami pengembangan dan tidak stuck dalam pemikiran yang jadul.

2. Menjadikan media sosial sarana edukasi mengenai covid-19 seperti membagikan bagaimana cara membuat hand sanitizer, membuat masker, Sekarang pun media sosial menjadi media antara guru dengan siswa-siswinya untuk melangsungkan pembelajaran via online

aldinosaputra mengatakan...

Nama Aldino Saputra 11MIA

1*
a) kemajuan suatu bangsa tidak bisa lepas dari peran para pemuda ,dengan adanya media sosial pemuda dapat belajar meningkatkan dan mengembangkan keterampilan teknis dan social yang memang sangat di butuhkan dalam zaman digital sekarang ini.

b) sebagai sarana untuk mencari reverensi atau ide dalam membuat suatu produk/jasa yang bisa membantu memajukan dan suatu negara

c) Bangsa yang maju bukan terletak pada pembangunannya saja, tetapi juga pada kecerdasan masyarakat.Sehingga media sosial berguna sebagai sarana pemerintah untuk mengedukasi warga negaranya tentang suatu program pemerintah dan informasi penting yang lain

2*
a) Sebagai media informasi tentang pengertian,bahaya,dampak,anjuran pemerintah dan hal hal lainya yang berkaitan dengan covid 19

b) Sarana edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya hidup bersih.

c) media pembelajaran/tutorial bagi masyarakat tentang pembuatan barang-barang yang dibutuhkan dalam mencegah penyebaran covid-19, seperti tutorial membuat hand sanitizer, membuat masker,melakukan penyemprotan dan hal hal penting lainya

ACHMAD NURKI MUSYAFA' mengatakan...

SITI ZUBAIDAH XI IIS 1
1).menjadikan sarana untuk mengembangkan dan memperbaiki IPTEK
. sebagai media untuk jual beli sebuah produk
.untuk mempermudah mengakses suatu bidang pendidikan sehingga kualitas pendidikan suatu bangsa lebih unggul
.memamerkan SDA yang ada dinegara sendiri ke berbagai dunia

2).menghimbau tentang bahaya COVID-19 di medsos
.melakukan sosial distancing untuk memutus rantai penularan virus COVID-19

. tidak menyebarkan hoax atau berita yang tidak benar tentang COVID-19
.mencari tata cara PHBS yang baik dan benar

Hilwa Lu'luil Maslahah mengatakan...

HILWA LU'LUIL M. (XI IIS 1)

1. a). Media sosial sebagai media
berbagi informasi,dapat
dimanfaatkan untuk memberikan
pendidikan mengenai pancasila
dan bagaimana menjadi warga
negara/bangsa yang baik.
b). Media sosial sebagai media
berbagi antar masyarakat.
c). Media sosial sebagai motivasi
dalam loyalitas dan
solidaritas.
d). Media sosial sebagai motivasi
dalam mempersatukan bangsa.
e). Media sosial sebagai alat untuk
mempromosikan suatu produk.

2. a). Tidak menggunakan media untuk
mengunggah/menyebarkan berita
HOAX tentang COVID-19.
b). Memberikan dan menginformasikan
wabah COVID-19 dengan hati-
hati,tidak spekulatif,dan tidak
menimbulkan kepanikan
masyarakat di semua program
yang disiarkan.
c). Menggunakan diksi(pilihan kata)
dan pembawaan
presenter/reporter/host secara
tepat agar tidak terkesan
mendramasitir/menakut
nakuti,agar
tidak menimbulkan persepsi
publik yang menyebabkan
kepanikan.
d). Media diharapkan menyiarkan
wabah ini, selalu mengaitkannya
dengan hotline service dari
pemerintah.

Mei Ayu Wulandari (XI IIS 2) mengatakan...

Mei Ayu Wulandari kelas XI IIS 2

1. a.Memudahkan seseorang untuk
berkomunikasi dengan jarak tempuh
yang jauh
b.Mempermudahkan seseorang dalam
mencari lapangan pekerjaan baru.
c.Meningkatkan keterampilan teknis
pada anak dalam pembelajaran
online.
d.Sebagai motivasi belajar anak ,
untuk melihat informasi yang
penting.
2. a.Menghimbau kepada masyarakat
untuk tidak panik dalam situasi
adanya virus covid-19 ini.
b.Membuat konten di YouTube atau di
medsos yang lain tentang
pencegahan virus covid-19.
c.Menggunakan media sosial ini
jangan menginfokan kepada seluruh
pengguna dengan informasi yang
hoax (tidak sesuai) tentan virus
covid-19.

Unknown mengatakan...

Nama : safinatul izza amelian syah
Kelas : XI IIS 1

1. - Media sosial sebagai sarana untuk
mempersatukan bangsa.
Media sosial akan mempermudah membangun komunitas,link dan jaringan untuk mengembangkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa.konsep medsos yang berbagi informasi,sehingga mampu menciptakan pemerataan dalam hal wawasan bangsa mengenai pengetahuan umum.hal ini akan memberikan efek positif untuk membina hubungan persatuan bangsa yang memiliki kualitas terutama dalam aspek intelektual.

- media sosial sebagai spot education.
Dalam hal ini media sosial berperan sebagai wadah atau tempat belajar mengelola arus modernisasi berupa teknologi,informasi dan komunikasi.agar generasi muda indonesia tampil sebagai generasi yang cerdas dalam segala bidang.

2. - medsos sebagai penyambung lidah antara pemerintah atau tenaga kesehatan dengan masyarakat. Dengan melaporkan berita terbaru dan informasi penting terkait penanganan maupun pencegahan covid-19 yang dapat dilakukan di tingkat individu.
- medsos berperan sebagai faktor pemungkin,artinya dapat mendorong kebijakan berwawasan kesehatan dan perubahan perilaku masyarakat lewat informasi dan ajakan promosi kesehatan.





Materi Kimia Dasar mengatakan...

Lu'lu'atul Munawaroh XI MIA
1.A) memberikan tempat untuk menuangkan ide" pemuda yang bermanfaat bagi bangsa
B) dapat digunakan untuk komunikasi antar negara
C) mendapatkan informasi dari berbagai sumber untuk mengetahui kondisi negara sendiri maupun negara lain
D) untuk mempublikasikan kekayaan yg ada di negara

2.A)Tidak menyebarluaskan berita yg tidak pasti
B) membantu menyebarkan tata cara yang baik, yang telah disarankan oleh pemerintah untuk mengantisipasi virus covid-19
C) mengingatkan akan bahayanya virus menggunakan vidio atau gambar" yg dapat di publikasikan agar pembaca atau penonton menjaga dirinya

Materi Kimia Dasar mengatakan...

Lu'lu'atul Munawaroh XI MIA
1.A) memberikan tempat untuk menuangkan ide" pemuda yang bermanfaat bagi bangsa
B) dapat digunakan untuk komunikasi antar negara
C) mendapatkan informasi dari berbagai sumber untuk mengetahui kondisi negara sendiri maupun negara lain
D) untuk mempublikasikan kekayaan yg ada di negara

2.A)Tidak menyebarluaskan berita yg tidak pasti
B) membantu menyebarkan tata cara yang baik, yang telah disarankan oleh pemerintah untuk mengantisipasi virus covid-19
C) mengingatkan akan bahayanya virus menggunakan vidio atau gambar" yg dapat di publikasikan agar pembaca atau penonton menjaga dirinya

Unknown mengatakan...

M ALFAN FIKRI XI IIS 1
1) -Media sosial digunakan untuk alat komunikasi
dan dan berbagi informasi
-media sosial sebagai representasi diri/lembaga
di dunia maya.
-Media sosial dapat di gunakan untuk komunikasi
antar negara
-media sosial di gunakan untuk sosialisasi atau
menyampaikan informasi kepada masyarakat
terutama para pemuda,karena dengan adanya media
sosial pemuda dapat belajar meningkatkan
dan mengembangkan keterampilan dan
kekreatifitasnya dalam mengoperasikan media
sosial dan media sosial saat ini memang sangat
dibutuhkan untuh memajukan suatu bangsa

2) -dengan tidak mengunggah atau menyebarkan berita
hoax tentang virus covid-19
-Memberikan informasi tentang cara mencegah
virus covid-19
-Menghimbau kepada masyarakat untuk selalu
berada di rumah
-Menyarankan untuk selalu menjaga kebersihan dan
selalu mencuci tangan setelah melakukan segala
kegiatan
-Memberikan informasi tentang cara menjaga daya
tahan tubuh agar tidak mudah terkena virus
covid-19

Unknown mengatakan...

Nurul fauziyah XI IIS 1

1. • Sebagai sarana dan wadah penyebaran/pertukaran informasi tanpa ada batasan. Dengan menggunakan jejaring situ-situs web, para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat.
• Sarana untuk mengekspresikan ide² pemikiran orang yang kreatif sehingga mempunyai dampak baik di berbagai bidang.
• Untuk berkomunikasi dengan keluarga, kerabat maupun sahabat yang berjarak jauh tanpa bertemu langsung. Misalnya seperti vidiocall
• Sebagai media promosi online. Bagi para pedagang bisa mempromosikan dagangannya sehingga tercipta pengusaha kecil dan dapat mencakup pemasaran produk yang luas baik di dalam negeri maupun luar negeri
• Sarana untuk mengembangkan IPTEK.
• Untuk mempermudah akses dalam bidang pendidikan formal maupun informal. Sehingga dapat mengembangkan suatu kualitas pendidikan yang unggul. Misalnya dengan adanya ruang guru, siswa bisa menambah wawasan selain pelajaran di sekolah.

2. a) Tidak menyebarluaskan berita tentang covid-19 yang belum tentu benar (hoax) sehingga membuat masyarakat cemas.
b) Sebagai sarana membagi tips/tindakan untuk mencegah covid-19.
c) Sebagai sarana mencari data yang relevan dan dari sumber yang terpercaya dan mensosialisasikan ke masyarakat sebagai edukasi dalam menyikapi wabah dan isu2 yang beredar. Sehingga masyarakat mendapat informasi yang akurat dan bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya.
d) Sebagai sarana dakwah. Membangun spirit/keyakinan diri agar tetap yakin dan tenang dengan usaha maksimal dalam menghadapi semua takdirnya. Karena sadar/tidak, diakui/tidak rata2 kita cemas dan putus asa.
e) memberikan kemudahan kita untuk mengetahui riwayat singgung berdasarkan data hasil terbaru.

Diny Putri Nur'Aini XI IIS 1 mengatakan...

Diny Putri Nur'Aini XI IIS 1

1. a) sebagai media pengembangan bagi masyarakat dibidang IPTEK.
b) sebagai sarana dan prasarana masyarakat menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah namun dengan catatan baik dan benar sesuai prosedur yang ada.
c) sebagai media informasi tentang pesatnya perkembangan dunia agar menjadi contoh yang baik untuk meningkatkan kemajuan bangsa dan negara.
d) sebagai tolak ukur kita dalam membentuk negara yang lebih maju lagi.
e) sebagai sarana untuk menunjang berkembangnya SDA kita terutama pada bidang pendidikan.

2. a) stop hoax tentang virus COVID-19.
b) memberikan edukasi tentang bagaimana pencegahan virus tersebut utamanya bagi keluarga, masyarakat sekitar, dan lebih luas di sosial media.
c) memberikan wawasan tentang karakteristik dari virus tersebut dan bagaimana gejala awalnya agar tidak terjadi kepanikan.
d) tetap melakukan aktivitas seperti biasa namun dengarkan himbauan pemerintah untuk tetap dirumah, agar mata rantai penyebaran virus tersebut bisa terputus. Karena dengan dirumah kita membantu meringankan beban tenaga medis dan memberikan ruang yang maksimal pada tenga medis untuk memberi pengobatan pada pasien positif COVID-19.

Jami'atus sa'adah mengatakan...

1. *sebagai media penambah pengetahuan
masyarakat di bidang IPTEK
sehingga masyarakat di suatu
negara lebih bermutu

*sebagai media pemasaran produk-
produk bisnis

*Sebagai media menpromosikan
potensi lokal suatu bangsa
kemancanegara

*sebagai media informasi dan
komunikasi yang menyajikan
informasi-informasi up date untuk
menambah wawasan masyarakat

2.-Menggunakan media sosial untuk
menghimbau masyarakat supaya
menjaga kebersihan serta
menyebarkan informasi akurat
mengenai gejala-gejala awal terkena
covid 19,cara pencegahan, dan
penangananya

-Tidak menyebarkan berita hoax
tentang covid 19 yang dapat
meresahkan masyarakat

Unknown mengatakan...

Mayretna Asfuatul Laila XI MIA
1. a) media sosial sebagai media berbagi
antar masyarakat
b) sebagai motivasi dalam loyalitas dan
solidaritas
c) sebagai motivasi pemersatu bangsa
2. * tidak menyebarkan berita" hoax atau
berita bohong
* digunakan untuk menyebarkan himbauan
kepada masyarakat untuk menjaga
kebersihan atau pencegahan virus
covid-19

Danang YR mengatakan...

Nama: putri erika
Kelas: 11 iis 1

1) *sebgai media promosi online,bagi para pedagang bisa mempromosikan daganganya sehingga tercipta pengusaha kecil dan dapat mencakup pemasaran produk yang luas baik di dalam negeri maupun luar negeri
* Sarana mengembangkan IPTEK
* Sebagai media informasai tentang pesatnya perkembangan dunia
*Sebagai media informasi dan dan komunikasi
* Sebagai media untuk jual beli
*Media pertukaran data.dengan menggunakan jejaring situs situs web,para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat

2)
*Menghimbau agar selalu menjaga kebersihan dan cuci tangan dan tetap di rumah seperti anjuran prmerintahan
*Mencari tata cara PHBS yang benar
* Menghibau tentang bahaya COVID19 di medsos
* Menghibau untuk hindari kerumunan!
*

risma febrianti mengatakan...

1. a) Memudahkan anak bangsa mengakases informasi / memperoleh informasi
b) Membantu proses komunikasi antar pemerintah tentang hak warga negara.
c) proses perdagangan di perusahaan dilakukan secara elektronik.
d) Berbagi informasi tentang edukasi secara efektif.
e) Mempersingkat waktu dan memangkas biaya dalam usaha.
F) Terciptanya beragam alat berteknologi modern.
2. a) Tidak menyebarkan berita tidak berdasarkan fakta / hoaks.
b) Menghimbau masyarakat untuk menjaga diri dari kebersihan.
c) Mengaploud video tentang penanganan virus di medsos.
d) Menghimbau masyarakat untuk tidak sering keluar rumah dengan hal-hal yang tidak penting.
e) Mengakses informasi tentang asal usul penyebaran virus corona.

risma febrianti mengatakan...

RISMA FEBRIANTI XI MIA
1.a) Memudahkan akses informasi/ memperoleh informasi maupun jenus berita .
b) Mempersingkat waktu dan memangkas biaya dalam berwirausaha.
c) Membantu proses komunikasi antar pemerintah tentang hak warga negara.
d) Berbagi informasi secar efektif.
e) Terciptanya beragam alat berteknologi modern.
F) proses perdagangan dilakukan secara elektronik.
2. a) Tidak meyebarkan berita yang berbau hoaks / tidak berdasarkan fakta.
b) Mengakses informasi tentang bahaya virus corona.
c) Mengaploud video tentang cara penanganan virus corona di medsos.
d) Menghimbau masyarakat untuk tidak sering keluar rumah yang tidak penting.
e) Menghimbau masyarakat untuk tidak saling kontak dengan orang lain tanpa anda kenal .


Unknown mengatakan...

Anggun yunita XI iis 1
1.
* Media komunikasi antar negara
* Sebagai alat demokrasi dan pemersatu bangsa
*Meningkatkan daya saing bangsa dalam bidang iptek
2.
*Sebagai informasi terkini tentang covid 19
*Menyebar luas kan bahaya tentang covid 19
*Memberikan tata cara mencuci tangan dengan benar

Unknown mengatakan...

Vikka Ammalia Agustina XI ISS 1

1. A.) Media sosial bisa dimanfaatkan untuk tujuan pendidikan, media sosial dapat memberikan dorongan bagi pendekatan berbasis penyelidikan dan kolaborasi. Misalnya, Wiki dan menulis dan mengedit alat kolaboratif dapat ekstensi berguna untuk pendekatan menulis konvensional. Mereka juga memungkinkan berbagi dan publikasi artefak diproduksi sebagai hasil dari kegiatan pembelajaran, dan mengundang umpan balik dari rekan-rekan.
Mengembangkan teknologi dibidang industri

B.)Mengembangkan sesuatu dibidang pertanian

C.)Sebagai sarana dalam bidang kesehtan


2.) sebagai media untuk mencari seluas" nya info tentang virus corona baik itu, cara mengobati, cara mencegah, atau peta persebaran virus tersebut tetapi media sosial juga bisa menjadi bumerang bagi masyarakat contohnya persebaran berita hoax mengenai virus corona dan masih banyak lagi yang lainnya

risma febrianti mengatakan...

RISMA FEBRIANTI XI MIA
1. a) Memudahkan generasi bangsa mengakses informasi/memperoleh informasi maupun jenis berita contohnya berupa motivasi jadi orang sukses,dll.
b) Berkomunikasi menjadi lebih mudah dan cepat.
c) Mempersingkat waktu dan memangkas biaya contohnya orang yang mendirikan sebuah usaha.
d) Berbagi informasi secara efektif.
e) Terciptanya beragam alat berteknologi modern.
2. a) Tidak menyebarkan berita yang tidak berdasarkan fakta/hoaks.
b) Menghimbau masyarakat untuk tidak sering keluar yang tidak penting.
c) Mengaploud video cara penanganan virus corona dengan baik dan benar di medsos.
d) Mengakses informasi tentang bahaya virus corona.
e) Menghimbau masyarakat untuk tidak saling kontak dengan orang lain yang menderita/yang tidak anda kenal.

Syifa syamsilia :) mengatakan...

Syifa Syamsilia Nur Hidayah XI MIA

1)- Media sosial sebagai alat
komunikasi antar negara.
- Media sosial sebagai pengembangan
IPTEK.
- Media sosial sebagai alat
mempromosikan beberapa produk dalam
dunia bisnis antar negara.
- Media sosial sebagai alat
memamerkan beberapa SDA yang
dimiliki.
- Sebagai motivasi dalam loyalitas
dan solidaritas.

2)- Memberitahu masyarakat lewat media
sosial agar selalu dirumah untuk
mengurangi tersebarnya wabah covid
19.
- Tidak menyebarkan berita yang tidak
jelas kebenaranya tentang covid 19
supaya masyarakat tidak panik.
- Saling memberikan beberapa saran
agar terhindar dari covid 19
melewati media sosial, seperti
mengingatkan masyarakat supaya
selalu memakai masker pada saat
keluar rumah.

Unknown mengatakan...

NAMA:DIMAS ANGGA SYAH PUTRA

a) media sosial sebagai media berbagi
antar masyarakat
b) Membantu proses komunikasi antar pemerintah tentang hak warga negara.
C) Meningkatkan keterampilan teknis
pada anak dalam pembelajaran
online.
d) Berbagi informasi secara efektif.
2.-Tidak menyebarkan berita hoax
tentang covid 19.
-Sebagai sarana membagi tips/tindakan untuk mencegah covid-19.
-Mengakses informasi tentang bahaya virus corona.

Unknown mengatakan...

NAMA:YOHAN KURNIAWAN.
KLS: XI Iis 2

1.A)Membantu proses komunikasi antar pemerintah tentang hak warga negara.
B)Memudahkan generasi bangsa mengakses informasi/memperoleh informasi maupun jenis berita contohnya berupa motivasi jadi orang sukses,dll.
C)Media sosial sebagai media
berbagi informasi,dapat
dimanfaatkan untuk memberikan
pendidikan mengenai pancasila
dan bagaimana menjadi warga
negara/bangsa yang baik.
D)Media sosial sebagai motivasi
dalam loyalitas dan
solidaritas.
2.a) Tidak menyebarluaskan berita tentang covid-19 yang belum tentu benar (hoax) sehingga membuat masyarakat cemas.
b) Mengakses informasi tentang bahaya virus corona.
c) Mengaploud video tentang cara penanganan virus corona di medsos.
d) Menghimbau masyarakat untuk tidak sering keluar rumah yang tidak penting.

Unknown mengatakan...

Olivia diah ayu mega rukmana XI IIS 2

1. -Sarana untuk mengembangkan IPTEK
-Memudahkan komunikasi jarak jauh
-Sarana pertukaran informasi dengan menggunakan jejaring situs-situs web dengan cepat
-Sebagai media promosi jualan online
-Mempermudah dalam akses dalam bidang pendidikan sehingga dapat mengembangkan kualitas pendidikan yang unggul.

2. -Tidak menyebarluaskan informasi yang belum tentu benar (hoax)
-Sarana membagi tips/tindakan untuk mencegah covid-19
-Mengimbau masyarakat untuk tidak keluar rumah

Unknown mengatakan...

Olivia diah ayu mega rukmana XI IIS 2

1. -Sarana untuk mengembangkan IPTEK
-Memudahkan komunikasi jarak jauh
-Sarana pertukaran informasi dengan menggunakan jejaring situs-situs web dengan cepat
-Sebagai media promosi jualan online
-Mempermudah dalam akses dalam bidang pendidikan sehingga dapat mengembangkan kualitas pendidikan yang unggul.

2. -Tidak menyebarluaskan informasi yang belum tentu benar (hoax)
-Sarana membagi tips/tindakan untuk mencegah covid-19
-Mengimbau masyarakat untuk tidak keluar rumah

Unknown mengatakan...

1. a.) Memudahkan pemerintah/warga untuk menjalin kerja sama jarak jauh dengan orang lain dalam/luar negri
b.) Sebagai media bertukar informasi dengan orang lain
c.) Memudahkan pemasaran online yang lebih efektif

2. ~Sebagai sarana pendidikan online agar siswa tetap dapat menerima ilmu ditengah pandemi COVID-19
~ Memudahkan masyarakat untuk belanja online agar tidak keluar rumah
~ Memudahkan masyarakat untuk kerja dari rumah, jadi masyarakat tetap produktif meski dari rumah

Unknown mengatakan...

VITA KHOIRINA 11 IIS 2

1. a.) Memudahkan pemerintah/warga untuk menjalin kerja sama jarak jauh dengan orang lain dalam/luar negri
b.) Sebagai media bertukar informasi dengan orang lain 
c.) Memudahkan pemasaran online yang lebih efektif

2. ~Sebagai sarana pendidikan online agar siswa tetap dapat menerima ilmu ditengah pandemi COVID-19
~ Memudahkan masyarakat untuk belanja online agar tidak keluar rumah
~ Memudahkan masyarakat untuk kerja dari rumah, jadi masyarakat tetap produktif meski dari rumah

Unknown mengatakan...

Nabila nur azizah 11 iis 2

1))a.Membantu memberikan informasi yang dibutuhkan kepada masyarakat.
b.Sebagai media mempromosikan barang.
c.Sebagai media penyebar informasi terbaru agar masyarakat lebih mudah mengerti situasi
terkini.
d.sebagai media informasi yang memperlihatkan perkembangan dunia dan negara
yang bisa sebagai contoh negara maju itu bagaimana dan negara yang berkembang itu
bagaimana agar bisa dicontoh negara sendiri bagaimana agar negara bisa maju
e.untuk mengembangkan IPTEK.

2))a.sebagai media informasi perkembangan covid-19 sebagai tindak agar masyarakat lebih
waspada.
b.sebagai cara menghimbau masyarakat akan bahayanya covid-19.
c.sebagai media untuk memberikan informasi bagaimana cara-cara mencegah corona dan
Akibatnya.
d.memberikan himbauan masyarakat agar dirumah saja dan selalu menjaga kebersihan.

MBAP mengatakan...

Cholifatul nur fitriana
11 mia

(1) a.Media komunikasi, Media sosial membantu pengguna
berinteraksi dengan siapa pun dan kapan pun melalui koneksi
internet.
b.Sarana pembelajaran dan pengembangan diri.
informasi didunia maya menjadikan media sosial
c. Media hiburan
d. Membuka lapangan pekerjaan
e. Media jual beli dan pemasaran
f. Untuk mengembangkan iptek

(2)Membantu memberikan nasihat pencegahan datangnya virus covid-19 seperti himbauan untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta menghimbau agar masyarakat dirumah saja
.

Zulistiyatus mengatakan...

Zulistiyatus sholikhah XI iis 2

1)-Sebagai sarana komunikasi yang cepat antar masyarakat.
-Untuk mengembangkan pengetahuan tentang IPTEK.
-Untuk mempermudah memasarkan barang produk atau bisnis online.
-Mempercepat mengakses informasi.
2)-tidak menyebar luaskan berita hoax tentang covid 19
-mangupload video cara mencuci tangan yang benar
-mencari informasi cara pencegahan cobid 19
-menghimbau masyarakat untuk di rumah saja
-untuk mengetahui informasi terbaru tentang vobid19.

Dadiya Maulana F. A. mengatakan...

Dadiya Maulana F.A.
XI MIA
1.a)mempermudah untuk mencari informasi bagi masyarakat khususnya pelajar.
b)sarana pengembangan IPTEK
c)mempermudah ekspor dan impor barang
2.a)ikut mengajak masyarakat mematuhi pemerintah seperti tetap di rumah dan cuci tangan
b)tidak menyebar hoax tentang covid-19 atau tidak mencari informasi tentang covid-19 dari sumber yang belum jelas

Bunga mengatakan...

Latifatul Azizah
XI IIS 2
1.a)sebagai sarana untuk memperkenalkan
bakat dan kreativitas.
b)memudahkan kita untuk memperoleh
informasi2 terkini
c)sebagai sarana komunikasi seluruh dunia
2.a)Tidak menyebarkan luaskan berita hoax
tentang covit-19
b)menjadikan medsos sebgai sarana untuk
menghimbau masyarakat agar tidak merasa
panik dalam situasi seperti ini dan
selalu menaati apa yg diperintahkan oleh
pemerintah dalam menghadapi covid-19
c)Membuat konten di medsos tentang cara
pencegahan Covid-19

Unknown mengatakan...

ANNISA TULFAH XI MIA
1.a. Sebagai media penyebar informasi,jadi kita akan tau bagaimana keadaan di sekitar dalam negri ataupun luar negri tanpa kita harus melihat langsung.
b. Untuk memperlihatkan SDA negara kita agar dikagumi negara lain.
c. Sebagai media untuk berkomunikasi atau mencari lebih banyak teman di Indonesia maupun manca negara.
d. Sebagai media promosi dalam bisnis.
2.a.Tidak menyebar luaskan berita yang membuat panik atu membuat takut orang lain.
b. Menghimbau agar warga stay at home jika tidak penting untuk keluar.
c. Membuat vidio yang memperlihatkan bagaimana cara penannganan virus corona seperti, rajin mencuci tangan, berjemur di pagi hari, dll.

Minatul latif mengatakan...

Minatul latif l.u. (XI IIS 2)
1.a. Berkomunikasi menjadi lebih mudah dan cepat.
b. Memudahkan untuk mencari informasi
c. Memudahkan kerjasama dengan negara lain.

2.a. Tidak menyebarkan hoak atau berita yang belum pasti
b. Menghimbau agar masyarakat tetap di rumah jika tidak ada keperluan yang penting.
c. Senantiasa menjaga kebersihan agar hidup sehat.

Riskonsoghir mengatakan...

Nama. :Riskon akbar
Kelas :11 iki


1.A) mempermudah proses komunikasi pemerintah,warga negara, dan lain-lain
B) membantu anak anak maupun orang dewasa mendapatkan suatu informasi berita,pelajaran contohnya ada soal yang harus dicari dengan alat komunikasi/internet
C) sarana pengembangan IPTEK
D) bisa juga sebagai media jual beli online
2) A) memberitahukan kpd masyarakat atau warga agar tidak keluar rumah kalau tidak ada urusan yang sangat penting
B) tidak menyebarkan berita (Hoax)tentang virus cowonya(coli 19)
C) saling memberikan saran agar bebas dari covid 19 melalui medsos seperti selalu mengenakan masker ketika keluar rumah maupun diluar rumah.

Riskonsoghir mengatakan...

11 iik

Unknown mengatakan...

Nama : Ulil Mundirotul Ismiyah
Kelas : XI IIS 2

1. a. Untuk menyampaikan dan menerima informasi pengguna antar desa, kota, maupun negara.
b. Memudahkan kita mengetahui berita tentang keadaan dalam negeri maupun luar negeri.

2. a. Tidak menyebarkan berita Covid 19 jika belum mengetahui kebenarannya. Kita harus mencari tahu dulu sebelum mengshare informasi ke medsos. Atau tidak menyebarkan hoax.
b. Saling mengingatkan agar tetap dirumah, jaga kesehatan, jaga kebersihan, dan tetap tenang.

Mariana Riz mengatakan...

MARIANA RIZQI AHSAN XI IIK

1) - sebagai seorang pelajar medsos juga dapat kita manfaatkan sebagai alat untuk mencari informasi" terbaru

- sebagai sarana untuk menyalurkan bakat

- kita juga bisa menunjukkan kekayaan alam yang sangat melimpah kepada masyarakat luar

- memudahkan kita untuk berinteraksi dengan komunitas dunia maya

- memudahkan kita dalam mencari, menjual maupun membeli barang

- memudahkan kita dalam kegiatan ekspor impor dr dalam maupun luar negri

2) - tidak mudah percaya dg berita yg beredar dan kita harus mencari kebenaran dari berita tersebut

- memanfaatkan medsos untuk saling mengingatkan agar masyarakat selalu menjaga kebrsihan dan kesehatan

- kita juga bisa sharing tentang bahaya COVID-19

-kita juga bisa sharing tntng bgmn cara mnghindari COVID-19

- sharing tntng bgmn cara mncuci tangan yg benar

- dalam medsos kita bisa mencari cara bgmn cara membuat hand sanitizer sendiri

Ahmad Junaidi Abdilah mengatakan...

Ahmad Junaidi Abdilah (XI IIK)

1.~Sebagai sarana untuk komunikasi antar masyarakat dengan mudah
~Sebagai sarana bisnis antarnegara
~Sebagai sarana untuk pembelajaran siswa siswi yang sedang belajar dirumah dikarenakan ada kopit 19 yang murid diwajibkan belajar dirumah.
~Sebagai sarana pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

2.~Tidak menakut nakuti masyarakat dengan penyebaran berita yang tidak valid (Hoax).
~Menghimbau kepada masyarakat agar selalu tetap dirumah saja.
~Saling mengingatkan agar menjaga kebersihan terutama kepada keluarga.
~menghimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati hati karena virus kopit yang sangat berbahayaa kalau.. Anda ngeyel kamu berangkat ke kuburan sendiri

Unknown mengatakan...

Intan permata sari (11 IIK)

1.sebagai media informasi,sebagai media komunikasi,bisa digunakan untuk promosi dalam bisnis,sebagai media pertukaran data
2.-tidak menyebarluaskan berita yang tidak pasti
-untuk menginformasikan tentang wabah covid-19
-dianjurkan untuk tetap menjaga kebersihan dn kesehatan
-

Unknown mengatakan...

Sulistiya Abd Majid
1. A. Sebagai sarana informasi yang baru dan bisa dijadikan sebagai bahan suatu karya yang didalamnya terdapat akulturasi antara info satu dengan info lain contoh, MIE AYAM PENTOL BAKSO.
B. Sebagai bahan penyebaran info Perdagangan mulai dari harga, kualitas dll.
C. Upgrade dalam event.
D. Komunikasi tanpa batas( jangan ada jarak )
E. Sebagai ketertarikan dalam pembelajaran online yang menarik
F. Bisa sebagai sarana dalam pemecahan suatu masalah baik In/Eks.
G. Membuat komunitas virtual
H. Peluang dalam berwirausaha dan berkeinginan sampai dunia dalam pemasaran
I. Lingkungan lebih terjaga

2. A. Menetralisir bentuk informasi mengenai COVID 19 dalam fakta atau berupa Hoax
B. Mengurangi penyebaran yang mengerikan mengenai Covid 19 yang dapat meresahkan masyarakat.
C. Menyebarkan himbauan himbauan yang berguna tanpa adanya sebuah paksaan untuk menjalakankan
D. Saling bertukar pendapat dalam hal 5w+1h dalam pencegahan kasus tersebut.
C.

Fatma AR mengatakan...

Fatma Afidotur R. {XI IIS 2}

1)a.untuk bersosialisasi
b.berbagi informasi sacara Real-time
c.peningkatan sirkulasi informasi
2)a.menganalisis pesan/berita yang
mengandung nuansa hoax.
b.melakukan detoktifikasi digital
dengan cara menghapus dan tidak
tidak mengirim pesan/berita yg
berpotensi memberikan dampak
negatif di masyarakat.
c.tidak melebih lebihkan berita
secara overdosis di medsos.

Unknown mengatakan...

M. Alfin Farih (XI IIK)

1). 》sebagai sarana atau wadah untuk menyalurkan bakat

》 memudahkan kita untuk berinteraksi dg orang banyak melalui dunia maya

》 memudahkan kita dalam mencari, menjual maupun membeli barang

》 sebagai saran pembelajaran online

2) 》 tidak menyebarkan berita yang hoaks/tidak berdasarkan fakta

》tidak menebar kepanikan akan tetapi menebar pola hidup bersih

》tidak mudah percaya dg berita yg beredar karna bisa jadi itu berita hoaks

》saling mengingatkan agar masyarakat selalu menjaga kebrsihan dan kesehatan

》 kita juga bisa sharing tentang bahaya COVID-19

》 dalam medsos kita bisa mencari cara bgmn cara membuat hand sanitizer sendiri

xi iik mengatakan...

DA'I HASAN THORIQI(XI IIK)
1 a. sebagai alat untuk menyampaikan aspirasi rakyat kepada pemerintah (penghubung) demi kemajuan bangsa.
b. sebagai sumber informasi tentang perkembangan IPTEK.
c. sarana untuk menambah lapangan kerja(jual beli online di fb dsb),sehingga dapat meminimalisir pengangguran.

2 a. tidak menyebarkan berita hoax yang dapat menyebabkan orang semakin ketakutan.
b. membuat konten-konten yang sekirannya dapat menghibur warga net , untuk meringankan ketakutan/meng-enjoykan warga net.
c. memosting video/gambar-gambar tentang cara menghindari covid-19 dan gejala-gejalanya.

Yuliono XI IIK mengatakan...

YULIONO XI IIK
1.a)Sebagai media penyebar informasi,jadi kita akan tau bagaimana keadaan di sekitar dalam negri ataupun luar negri tanpa kita harus melihat langsung.
b. Untuk memperlihatkan SDA negara kita agar dikagumi negara lain.
c. Sebagai media untuk berkomunikasi atau mencari lebih banyak teman di Indonesia maupun manca negara.
d. Sebagai media promosi dalam bisnis.
2.a)Tidak menyebarluaskan berita yg tidak pasti
b) membantu menyebarkan tata cara yang baik, yang telah disarankan oleh pemerintah untuk mengantisipasi virus covid-19
c) mengingatkan akan bahayanya virus menggunakan vidio atau gambar" yg dapat di publikasikan agar pembaca atau penonton menjaga dirinya

Putri auliani mengatakan...

Putri Auliani 11 Iik
1.a. berkomunikasi menjadi mudah dan cepat
b. Memudahkan mencari informasi
c. Manambah lapangan pekerjaan

2.a. menghimbau masyarakat agar tetep berada di rumah
b. Menjaga kebersihan
c. Menjaga jarak dengan orang lain
d. Tidak menyebarkan berita hoax

muzaqi mengatakan...

M.MUZAQI XI IIK
1)a.Dapat menyebarluaskan hasil dari kelompok" yang telah di berdiri hingga ke banyak penjuru. Bahkan bisa menambah anggotanya
b.Menjadikan sarana untuk nengembangkan dan memperbaiki IPTEK
cMenjaga Keamanan Warga Negara, misalnya melalui pemantauan CCTV
2)aUntuk mengetahui perkembangan terbaru mengenai virus corona
b.dengan cara menyuarakan atau menyerukan agar masyarakat menghindari hal-hal yang mempermudah menyebarnya virus COVID-19 ini
cSarana edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya hidup bersih.

muzaqi mengatakan...

1)a.Dapat menyebarluaskan hasil dari kelompok" yang telah di berdiri hingga ke banyak penjuru. Bahkan bisa menambah anggotanya
b.Menjadikan sarana untuk nengembangkan dan memperbaiki IPTEK
cMenjaga Keamanan Warga Negara, misalnya melalui pemantauan CCTV
2)aUntuk mengetahui perkembangan terbaru mengenai virus corona
b.dengan cara menyuarakan atau menyerukan agar masyarakat menghindari hal-hal yang mempermudah menyebarnya virus COVID-19 ini
cSarana edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya hidup bersih.

Nihayti Nur Laili mengatakan...

NIHAYATI NUR LAILI
XI IIS 1
(maaf bu baru sekarang soale baru buka hp..maaf ya bu����)

1.*Menjadikan sarana untuk mengembangkan dan memoerbaiki
IPTEK
*Sebagai sarana informasi dengan mudah
*Memudahkan kita dalam mencari informasi dan menjual atau membeli barang.
2.*Tidak menyebarkan berita hoax tentang covid-19
agar masyarakat tidak panik.
*Saling mengingatkan agar masyarakat selalu menjaga
kebersihan
*Menghimbau masyarakat agar tetap berada didalam rumah

Unknown mengatakan...

Dian nur lestari XI mia

1.•sarana menemukan informasi terkini
•sarana melakukan bisnis secara online
•sarana yang memudahkan dalam mencari
pengetahuan yang belum diketahuinya
•sarana komunikasi antar sesama
2.•tidak menyebarkan berita yang tidak benar
kepada masyarakat
•memberi himbauan kepada masyarakat supaya
hidup bersih dan tetap dirumah saja
•memberi informasi yang detail mengenai
covid 19 beserta cara pencegahannya.

FebriAisya mengatakan...

FEBRIANI AISA PUTRI 11 IPS 2

1.~menjadi saran mengembangkan iptek
~sumber informasi dunia
~untuk bersosialisasi
~sebagai sarana komunikasi
2.•tidak menyebar luaskan berita hoax tentang covid-19
•memudahkan pemerintah dalam pemutusan rantai virus ini dengan tetap dirumah, hidup bersih dan sehat, dan penggunaan masker dengan tepat
•memberi informasi tentang bahaya covid-19

M.fatikhun nada khoiri mengatakan...

M.FATIKHUN NADA KHOIRI XI MIA
1.-Sebagai sarana bertukar pikiran gagasan dan pendapat.
-sebagai tempat mencari informasi dari seluruh penjuru dunia.
-Sebagai sarana pembelajaran, contohnya seperti saat ini kita menggunakan WhatsApp untuk melakukan KBM.
2.-Mencari informasi tentang cara pencegahan covid19 dari sumber yang terpercaya.
-Ikut serta mengampanyekan gerakan masyarakat hidup sehat.
-TIDAK menyebarkan informasi yang dapat meresahkan masyarakat.

M.fatikhun nada khoiri mengatakan...

M.FATIKHUN NADA KHOIRI XI MIA
1.-Sebagai sarana bertukar pikiran gagasan dan pendapat.
-sebagai tempat mencari informasi dari seluruh penjuru dunia.
-Sebagai sarana pembelajaran, contohnya seperti saat ini kita menggunakan WhatsApp untuk melakukan KBM.
2.-Mencari informasi tentang cara pencegahan covid19 dari sumber yang terpercaya.
-Ikut serta mengampanyekan gerakan masyarakat hidup sehat.
-TIDAK menyebarkan informasi yang dapat meresahkan masyarakat.

M.fatikhun nada khoiri mengatakan...

M.FATIKHUN NADA KHOIRI XI MIA
1.-Sebagai sarana bertukar pikiran gagasan dan pendapat.
-sebagai tempat mencari informasi dari seluruh penjuru dunia.
-Sebagai sarana pembelajaran, contohnya seperti saat ini kita menggunakan WhatsApp untuk melakukan KBM.
2.-Mencari informasi tentang cara pencegahan covid19 dari sumber yang terpercaya.
-Ikut serta mengampanyekan gerakan masyarakat hidup sehat.
-TIDAK menyebarkan informasi yang dapat meresahkan masyarakat.

M.fatikhun nada khoiri mengatakan...

M.FATIKHUN NADA KHOIRI XI MIA
1.-Sebagai sarana bertukar pikiran gagasan dan pendapat.
-sebagai tempat mencari informasi dari seluruh penjuru dunia.
-Sebagai sarana pembelajaran, contohnya seperti saat ini kita menggunakan WhatsApp untuk melakukan KBM.
2.-Mencari informasi tentang cara pencegahan covid19 dari sumber yang terpercaya.
-Ikut serta mengampanyekan gerakan masyarakat hidup sehat.
-TIDAK menyebarkan informasi yang dapat meresahkan masyarakat.

Hilwa Lu'luil Maslahah mengatakan...

Nama: HILWA LU'LUIL M.
Kelas: XI IIS 1

Jawaban nomer 1:
1). Media sosial sebagai
media berbagi informasi, dapat dimanfaatkan untuk memberikan pendidikan mengenai pancasila dan bagaimana menjadi warga negara atau bangsa yang baik.
2). Media Sosial sebagai Media Berbagi antar Masyarakat.
3). Media Sosial sebagai Motivasi dalam Loyalitas dan Solidaritas.
4). Media sosial akan mempermudah membangun komunitas, link dan jaringan untuk mengembangkan rasa kesatuan dan kesatuan antar bangsa.
5). Media Sosial sebagai Motivasi dalam Mempersatukan Bangsa. 6). Media sosial menawarkan kesempatan tak tertandingi untuk berinteraksi dengan sesama penggunanya dan membangun hubungan.

Jawaban nomer 2
1). Tidak menyebarkan berita HOAX mengenai COVID-19.
2). Memberikan informasi lebih lanjut dan secara detail mengenai COVID-19
3). Menghimbau masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan.

Aldila Putri Meilina mengatakan...

ALDILA PUTRI MEILINA XI MIA
1.keberadaan media sosial tentunya sangat berpengaruh bagi kehidupan saat ini media sosial dalam kegunaannya adalah :
A.media sosial dapat menjadi tempat pencarian ide ide
B. Media sosial daoat dijadikan tempat untuk mengetahui perkembangan dunia
C. Media sosial sebagai penyaluran dari sebuah karya yang diciptakan
D. Media sosial sebagai tempat mempromosikan barang dengan jarah yang sangat jauh
2.a.gunakan media sosial untuk menyebarkan hal hal yang positif seperti cara mencegah virus covid 19
b. Jangan menyebarkan berita yang belum tentu kebenarannya dan pertanggungjawabannya
c. Gunakan untuk memberikan kabar pada saudara yang jauh untuk tidak berkunjung

Baharudin Latif mengatakan...

BAHARUDIN LATIF XI IIK
1.SEBAGAI:"sarana mencari/bertukar informasi
"sarana menambah wawasan tentang
informasi dunia
"sarana untuk belajar maupun
berdagang
"sarana dakwah tersendiri
"sarana komunikasi
2.>untuk mengetahui informasi tentang
perkembangan dari virus corona <
>dan menyampaikan informasi agar masyarakat
membiasakan hidup sehat dan tetap berada di
rumah
>dan menghimbau saudara saudara agar lebih
baiknya tidak mudik terlebih dahulu
mudik lebih bai

M Iqbal wildan firdaus X1 IIS 1 mengatakan...

sebagai sarana media promisi,melihat selera pasar,memberikan pengalaman lebih bagi pelanggan,kesempatan untuk melihat kompetitor & target penjualan yg jelas.

setrategi untuk mengatasi wabah covid 19 adalah dengan mencari informasi tetang wabah tersebut & jika sudah ditemuakan cara mencegah,menanggulang dsb yg bisa bermanfaat buat diri sendiri & orang lain bisa di share

Unknown mengatakan...

Nama: syifa fauziah
Kelas: X iis

Sebagai sarana mencari informasi, mencari berita tentang covid 19, jangan menyebarkan berita hoax, mencari informasi tentang pencegahan covid 19 dan bagaimana cara hidup bersih dan sehat

Umi Queen mengatakan...

Nama : zuhrotul Fikril ilma 10 MIA
1. Media sosial dapat menjadi sarana untuk mengetahui tentang selera pasar , mengetahui keadaan ekonomi sekarang dan mengetahui segala aspek kehidupan yang dapat di manfaatkan untuk usaha
2.tidak menyebarkan berita hoks , menghimbau agar melaksanakan hidup sehat